PLAYLIST

Kamis, 10 Desember 2015

Uang beredar ( M1 & M2 )

1.    
Peredaran Uang mengacu pada seluruh stok mata uang dan instrumen cairan lain dalam perekonomian suatu negara pada waktu tertentu. Jumlah uang beredar termasuk catatan, koin dan saldo yang disimpan dalam tabungan dan giro. Ada berbagai jenis uang beredar dan ini diberi label sebagai M0, M1, M2 dan M3, sesuai dengan jenis dan ukuran akun di mana instrumen yang disimpan. Di Inggris, ada juga M4 klasifikasi uang beredar. Negara yang berbeda dapat menggunakan klasifikasi yang berbeda.
M1 adalah ukuran jumlah uang beredar yang mencakup semua uang fisik, seperti koin dan catatan, giro, giro dan Ketertiban Negotiable Penarikan (NOW) piutang. Dengan kata lain, M1 mengukur komponen paling likuid dari jumlah uang beredar. Ini berisi uang dan aset yang dapat dengan cepat dikonversi menjadi uang tunai. M1 murni berfokus pada peran uang sebagai alat tukar. Munculnya ATM dan kartu debit berarti bahwa rekening bank memeriksa sekarang dapat dianggap sebagai M1 karena mudah untuk menarik keluar dihamburkan, mata uang cair dari mereka menggunakan ATM dan kartu debit. M1 digunakan untuk menghitung jumlah uang yang beredar. M1 tidak termasuk "near money".

M2 adalah ukuran jumlah uang beredar yang mencakup semua unsur serta "near money". "Near money" mengacu pada tabungan dan instrumen pasar uang lainnya seperti deposito tetap yang kurang likuid. Mereka dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai tetapi tidak cocok sebagai media dari media pertukaran karena sifat kurang likuid mereka. M2 adalah lebih luas uang klasifikasi dari M1. seorang konsumen atau bisnis tidak membayar, atau menerima tabungan selama pertukaran barang dan jasa, tapi bisa mengkonversi komponen M2 untuk tunai dalam waktu singkat. M2 penting karena ekonomi modern menggunakan transfer tunai antara berbagai jenis rekening. misalnya, bisnis dapat mentransfer $ 10.000 dari rekening pasar uang ke rekening yang memeriksa. M1 dan M2 yang saling berkaitan karena transfer tunai dapat terjadi antara rekening (M2), dan transfer ini dapat diuangkan oleh penerima di bentuk cair (M1).


sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar