PLAYLIST

Kamis, 10 Desember 2015

Currency option market

Currency Option Market
Pasar Option adalah perjanjian yang memberikan si pembeli option hak untuk membeli atau menjual kontrak di masa yang akan datang pada harga tertentu (Specific Price) dan pada atau sebelum waktu tertentu (Expiration Date). Option adalah perjanjian yang memberikan si pembeli option hak untuk membeli atau menjual kontrak di masa yang akan datang pada harga tertentu (Specific Price) dan pada atau sebelum waktu tertentu (Expiration Date). Option adalah kontrak resmi yang memberikan Hak (tanpa adanya kewajiban) untuk membeli atau menjual sebuah asset pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Options merupakan salah satu instrumen di dunia pasar modal (derivatives) untuk meminimalisasi resiko dan sekaligus memaksimalkan keuntungan.
Dari pengertian umum mengenai option di atas dapat dilihat beberapa point penting yang menggambarkan transaksi option yaitu :
1.      Option memberi pemegangnya hak bukan kewajiban untuk membeli atau menjual sesuatu. Berbeda dengan jenis transaksi jual beli yang sudah dikenal selama ini yang mengikat masing-masing pihak dengan satu kewajiban untuk membayar atau memberikan satu barang tertentu yang diperjualbelikan maka option memmberi pemegangnya hak bukan kewajiban untuk menjual atau membeli satu barang yang diperjanjikan. Pemegang option tidak bisa dipaksa untuk membeli atau menjual satu barang yang diperjanjikan tersebut.

2.      Hak untuk menjual atau membeli suatu barang tersebut hanya bisa dilaksanakan kepada waktu tertentu di masa yang akan datang atau sebelumnya. Hal ini tergantung dari jenis option yang dipegang ada option yang mengatur bahwa hak untuk membeli atau menjual satu barang bisa dilaksanakan pada saat waktu tertentu di masa yang akan datang tidak dapat dilaksanakan sebelum waktu yang ditentukan tersebut, adapula jenis option yang hak untuk membeli atau menjualnya dapat dilaksanakan sebelumnya.

3.      Apabila pemegang option melaksanakan haknya untuk membeli atau menjual satu barang tertentu maka harga barang yang dibeli atau dijual tersebut sudah ditentukan sebelumnya (biasanya ditentukan pada saat transaksi option dilakukan) tidak peduli berapa harga pasar barang tersebut saat pelaksanaan hak. Jadi harga yang dipakai saat pelaksanaan hak sudah ditentukan sebelumnya dan bukan harga pasar barang tersebut saat itu.

Dalam pasar valuta asing transaksi option valuta asing dapat di artikan sebagai satu instrumen keuangan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli atau menjual satu mata uang tertentu dalam jumlah tertentu pada saat waktu tertentu dimasa yang akan datang dan atau sebelumnya dengan kurs yang sudah ditentukan sebelumnya (biasanya sudah ditentukan saat transaksi dilakukan)..
Apabila dilihat dari waktu untuk melaksanakan hak tersebut maka option pada dasarnya dibagi dua golongan besar yaitu :

a. European Type Option yaitu option yang hanya dapat dilaksanakan pada satu tanggal yang sudah ditentukan. Tanggal tersebut biasa disebut Exercise Date.
b. American Type Option yaitu option yang dapat dilaksanakan pada satu tanggal yang sudah ditentukan atau sebelumnya. Sehingga waktu pelaksanaan hak American Type Option adalah sejak tanggal kontrak option ditanda tangani sampai dengan Exercise Date.

Fungsi dari Options adalah sebagai berikut :
1. Proteksi nilai asset. ( Asuransi nilai saham )
Salah satu strategi yang umum digunakan dengan options adalah memproteksi nilai portofolio terhadap jatuhnya harga-harga saham, dengan membeli Put option. Dengan membeli Put option ini investor berhak menjual sahamnya pada harga tertentu meskipun dipasar harga saham tersebut sudah turun sampai nol sekalipun.



2. Menghasilkan pendapatan tambahan dari assetnya
Para investor akan menggunakan strategi yang dikenal dengan nama Covered Call untuk menghasilkan pendapatan tambahan dari sahamnya. Ini mirip dengan seorang investor menyewakan rumahnya, tetapi dalam hal ini yang disewakan adalah sahamnya.



3.  Strategy Investasi
Options juga dapat berfungsi sebagai strategi investasi. Karena banyaknya strategi di options, maka options dapat berguna di berbagai situasi market. Baik itu market yang uptrend, sideways maupun downtrend. Strategi strategi ini apabila dipahami dan dipelajari dengan baik , tentu akan sangat membantu kita memperoleh hasil yang kita inginkan dalam berbagai situasi market. Jadi setiap saat kita dapat memasuki market dengan strategi yang berbeda-beda

Opsi Valuta (Currency Option) adalah tipe kontrak alternatif yang dapat dibeli atau dijual oleh para spekulan atau perusahaan-perusahaan.
Opsi Valuta disediakan oleh :
a. Sejumlah bursa
b. Bank-bank komersial
c. Perusahaan-perusahaan pialang

Opsi Valuta dapat digolongkan menjadi 2 macam, yaitu ;
a.  Currency Call Option
Currency Call Option adalah kontrak yang memberikan hak untuk membeli suatu valuta tertentu pada kurs (harga) tertentu selama periode waktu tertentu. Exercise Price atau Strike Price adalah harga yang harus dibayarkan pemilik opsi pada saat ingin menggunakan haknya membeli valuta. Tiap Opsi memiliki tanggal jatuh tempo bulanan masing-masing.
Menurut Madura (2000:131) contoh dari transaksi currency call options yaitu ada kemungkinan perusahaan sebuah perusahaan akan membutuhkan valuta asing di masa depan, tetapi perusahaan tidak begitu yakin. Sebagai contoh, anggaplah sebuah perusahaan AS terlibat dalam tender sebuah poyek di Jerman. Jika proyek tersebut jatuh kepada perusahaan tersebut maka perusahaan akan membutuhkan kira-kira DM62.500 untuk membeli bahan baku dan jasa di Jerman, namun perusahaan tidak tahu apakah tawaran akan diterima atau tidak sampai tiga bulan ke depan. Asumsikan bahwa exercise price bagi Mark adalah $0,50 dan premium call option-nya adalah $ 0,02 per unit. Perusahaan akan membayar $1250 per opsi (62.500 x $0.02) atau $12.500 untuk 10 kontrak. Dengan adanya opsi tersebut, jumlah maksimum pengeluaran US Dolar untuk membeli Mark adalah $312.500 (62.500 x $0,5).
Call Option dapat dimanfaatkan jika seseorang ingin mencuci harga yang harus dibayarkan bagi suatu valuta di masa depan. Jika kurs spot dari suatu valuta naik melampaui strike price nya, pemilik Call Option dapat menggunakan haknya dengan membeli valuat pada strike price yang lebih rendah dari kurs spot.
Strategi ini kurang lebih sama dengan strategi yang digunakan oleh pembeli kontrak futures, tetapi kontrak futures mewajibkan pelakunya melakukan sesuatu (yaitu, membeli atau menjual), sedangkan opsi valuta tidak mewajibkan pembelinya melakukan apapun. Pemilik Call Option yang telah jatuh tempo hanya merugi sebatas call premium (yaitu, harga pembelian opsi) yang mereka bayar pada awalnya.

Suatu Currency Call Option Diklasifikasikan menjadi 3 macam, yaitu :
1.    In The Money adalah istilah dimana kurs berjalan melampaui (lebih besar) dari strike price.
2.    At The Money adalah istilah dimana kurs berjalan sama dengan strike price.
3.    Out Of Money adalah istilah dimana kurs berjalan lebih rendah dari strike price.
Bagi valuta dan tanggal jatuh tempo tertentu, suatu In The Money Call Option akan memerlukan Premium yang lebih tinggi daripada opsi At The Money atau Out Of Money. 

 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Premium Call Option, yaitu :
1.    Kurs Spot berjalan relatif terhadap Strike Price
Semakin tinggi kurs spot berjalan relatif terhadap strike price, semakin tinggi harga opsi. Hal ini dikarenakan semakin tingginya probabilitas pembelian valuta pada harga yang jauh lebih rendah dibandingkan harga penjualanya. Hubungan ini dapat diverifikasi dengan membandingkan premium dari opsi valuta dan tanggal jatuh tempo tertentu yang memilki strike price yang berbeda.
2.    Lamanya Waktu Sebelum Tanggal Jatuh Tempo
Secara umum diperkirakan bahwa kurs spot memiliki kesempatan yang lebih besar untuk naik melampaui strike price jika waktu jatuh temponya masih lama. Hubungan ini dapat diverifikasi dengan membandingkan premium dari opsi valuta dan strike price tertentu yang memiliki tanggal jatuh tempo yang berbeda.
3.    Variabilitas Valuta
Semakin besar variabilitas valuta, semakin tinggi probabilitas kurs spot akan melampaui strike price. Jadi, Call Option dari valuta-valuta yang lebih bergejolak akan memiliki harga yang lebih tinggi. Contoh : Dollar Kanada merupakan valuta yang lebih stabil dibandingkan valuta lain. Jika faktor-faktor lain semuanya sama, harga call option dollar Kanada akan lebih murah dari harga call option valuta-valuta lain.

Call Option dapat dan biasa digunakan oleh perusahaan untuk melindungi atau meng-cover open position payable dari transaksi keuangan internasional.
Contohnya, Perusahaan USA akan ikut tender sebuah proyek senilai CHF 625.000 dalam tiga bulan mendatang, maka ia melakukan kontrak untuk CHF Call Option dengan asumsi sbb:
Exercise/strike price  = USD 0,50 CHF
Call Option Premium = USD 0,02 CHF
Future Spot Rate       = USD 0,53 CHF
Standard unit kontrak untuk Currency Option adalah ½ dari Currency Future untuk CHF yaitu ½ x 125.000 = 62.500, oleh sebab itu diperlukan 10 unit Option Contract.
Biaya Premium = 10 x 62.500 x USD 0.02 = USD 12.500
Exercise Price = CHF 625.000 x USD 0.50 = USD 312.500
Jika asumsi Future Spot Rate menjadi kenyataaan maka kebutuhan dana = CHF 625.00 x USD 0.53 = USD 331.500
Dengan melakukan Call Option ini, maka terhindar dari kerugian sebesar USD 331.500 – 325.000 = USD 6.250

b.  Currency Put Option
Currency Put Option adalah kontrak yang memberikan hak untuk menjual suatu valuta tertentu pada kurs tertentu/harga tertentu (strike price) selama periode waktu tertentu. Pemilik Currency Put Option diberikan hak untuk menjual suatu valuta dengan harga tertentu (strike price) sepanjang periode waktu tertentu. Sama seperti call option, pemilik put option tidak diwajibkan untuk menggunakan hak opsinya. Jadi, kerugian potensial maksimum bagi pemilik put option adalah sebesar premium yang dibayarkan pada saat membeli opsi.
Suatu Currency Put Option Diklasifikasikan menjadi 3 macam, yaitu :
1.    In The Money adalah istilah dimana kurs berjalan lebih kecil dari strike price.
2.    At The Money adalah istilah dimana kurs berjalan sama dengan strike price.
3.    Out Of Money adalah istilah dimana kurs berjalan lebih tinggi dari strike price.

Bagi valuta dan tanggal jatuh tempo tertentu, suatu In The Money Put Option akan memerlukan Premium yang lebih tinggi daripada opsi At The Money atau Out Of Money. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Premium Put Option, yaitu :
1.    Kurs Spot berjalan relatif terhadap Strike Price
Semakin rendah kurs spot berjalan relatif terhadap strike price, semakin berharga put option, karena semakin besar kemungkinan put option digunakan.
2.    Lamanya Waktu Sebelum Tanggal Jatuh Tempo
Yang mempengaruhi premium put option adalah lamanya waktu hingga tanggal jatuh tempo sama seperti call option, semakin panjang waktu jatuh tempo, semakin besar premiumnya. Periode yang lebih panjang menciptakan probabilitas gejolak valuta yang lebih besar dan semakin besar kemungkinan opsi akan digunakan. Hubungan ini dapat diuji dengan menilai kuotasi premium put option bagi suatu valuta tertentu dengan tanggal jatuh tempo yang berbeda-beda.
3. Variabilitas Valuta
Semakin besar variabilitas valuta, semakin besar premium put option, yang sekali lagi mencerminkan yang akan digunakan.

Put Option dapat dan biasa digunakan oleh perusahaan untuk melindungi atau meng-cover open position recievable dari transaksi keuangan internasional.
Perusahaan USA mempunyai tagihan sebesar GBP 31.250 yang akan jatuh tempo dalam tiga bulan mendatang, maka ia melakukan kontrak Put Option dengan asumsi sebagai berikut :
Exercise/strike price  = USD 1,400 GBP
Call Option Premium = USD 0,016 GBP
Future Spot Rate       = USD 1,300 GBP

Standard unit kontrak untuk Currency Option adalah ½ dari Currency Future untuk GBP yaitu ½ x 62.500 = 31.250, oleh sebab itu diperlukan 1 unit Option Contract saja.
Biaya Premium = 1 x 31.250 x USD 0.016 = USD 500
Exercise Price = GBP 31.250 x USD 1.40 = USD 43.750
Jika asumsi Future Spot Rate menjadi kenyataaan maka kebutuhan dana = GBP 31.250 x USD 1.30 = USD 40.625
Dengan melakukan Put Option ini, maka terhindar dari kerugian sebesar ( USD 43.750 – USD 500 )  - USD 40.625  = USD 2.625

Menurut Madura (2000:67-68) menjelaskan pasar Currency Options merupakan pasar yang memfasilitasi perdagangan kontrak currency options. Kontrak currency options dapat diklasifikasikan sebagai call atau put. Suatu currency call Options menyediakan hak untuk membeli suatu valuta tertentu dengan harga tertentu (yang dinamakan dengan strike price atau exercise price) dalam suatu periode waktu tertentu. currency call options digunakan untuk meng-hedge hutang-hutang valas yang harus dibayarkan di masa depan. currency put options memberikan hak untuk menjual suatu valuta asing dengan harga tertentu dalam suatu periode waktu tertentu. Currency put options digunakan untuk meng-hedge piutang-piutang valas yang akan diterima di masa depan.

Pasar Futures dan Option digunakan untuk mengantisipasi risiko valas yang diakibatkan oleh transaksi bisnis dan juga untuk tujuan spekulatif. Biasanya disebut sebagai surat berharga derivatif (derivative securitas). Surat berharga derivatif umumnya digunakan untuk melindungi investor dari risiko keuangan, misalnya pada Perusahaan makanan yang menggantungkan input dari pasar gandum, dapat melindungi diri dari gejolak harga gandum (misalnya karena banjir atau kekeringan menyebabkan harga gandum meningkat) dengan membeli kontrak futures.

Straddle strategy
Dilakukan dengan cara membeli atau menjual baik  berupa call option maupun put option yang mempunyai saham patokan, expiration date dan strike price yang sama. Penerapan strategi ini akan melibatkan dua opsi yang memilih karateristik yang sama, tetapi diantara kedua opsi tersebut, salah satunya adalah call option dan yang lainnya adalah put option Strategi ini dapat dilakukan dengan dua cara :

i)                    Strategi long straddle,
Akan memberikan keuntungan jika terjadi  pergerakan harga saham yang memadai, baik untuk kenaikan harga maupun penurunan harga. Sebagai contoh seorang investor X mengestimasikan bahwa saham XYZ akan mengalami perubahan, tetapi X tidak begitu yakin apakah pergerakan harga itu akan naik atau turun. Investor ter sebut dapat menerapkan long strategy dengan cara membeli call dan put option terhadap saham XYZ, dan kedua opsi tersebut mempunyai expiration date dan strike price yang sama.
ii)                  Strategi short straddle
Dilakukan oleh investor yang mempunyai estimasi bahwa pergerakan harga saham tidak terlalu besar atau harga saham relatif tidak berubah




GBPP ( Garis Besar Pokok Pembelajaran )
            Adalah deskripsi singkat mengenai mata-mata ajaran yang diprogramkan dalam kurikulum pendidikan, deskripsi singkat tersebut memuat ruang lingkup pokok bahasan dari mata-mata kuliah dan apabila ada kegiatan praktek dijelaskan pula lingkup kegiatan praktek yang akan dilakukan.
Mata Kuliah Manajemen Keuangan Internasional (MKI) merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu, 1. Lingkungan Keuangan Internasional; 2. Manajemen Valas dan Bursa Valas; 3. Manajemen Risiko Valas; 4. Manajemen Investasi Internasional; 5. Keuangan Perdagangan Internasional
Tujuan Instruksional Umum: Mata Kuliah Manajemen Keuangan Internasional (MKI) merupakan mata kuliah yang diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan mahasiswa tetntang keuangan dan perdagangan internasional. Mahasiswa memahami ruang lingkup manajemen keuangan internasional, mahasiswa mengerti valas, kurs dan faktor yang mempengaruhi kurs valas. Mahasiswa juga memahami manajemen risiko valas dan manajemen investasi internasional. Terakhir mahasiswa juga harus memahami keuangan perdagangan internasional dan country risk.










Sumber
Sap.gunadarma.ac.id

http://www.academia.edu/9161994/Makalah_Teori_Pasar_Modal_Obligasi_Option_dan_Future_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar