PROPOSAL USAHA
“ROTI PANGGANG”
Disusun Oleh :
Nama :
Krisna dwi aristyadi
NPM : 14212124
Kelas :
4EA17
Fakultas :
Ekonomi
Jurusan :
Manajemen
Universitas gunadarma
2015/2016
Bekasi
LEMBAR PENGESAHAN
Pada hari ini telah disahkan penyusunan laporan dengan
spesifikasi sebagai berikut:
Judul :
Proposal Usaha “Roti Panggang”
Hari / tanggal :
15 November 2015
Nama Penyusun :
Krisna dwi aristyadi
Alamat Perguruan tinggi : Jl.
KH noer ali , Kalimalang Bekasi
Mengetahui
Guru Pembimbing
Bpk. Bonar
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum wr.wb
Alhamdulillahirobbil’alamin,segala
puja dan puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat,taufik serta hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas yang
diberikan oleh guru pembimbing mata kuliah ETIKA BISNIS tentang PROPOSAL USAHA
yang saya beri judul ”ROTI PANGGANG”
Dalam
penyusunan proposal usaha ini tentunya tidak lepas dari pihak yang telah
membantu saya ucapkan terima kasih kepada:
1. Allah
SWT yang telah memberi kelancaran pada sproses pembuatan karya tulis ilmiah ini
2. Guru
pembimbing mata kuliah ETIKA BISNIS yaitu Bpk. Bonar
3. Kedua
orang tua dan kakak saya yang selalu mendukung saya dalam segala hal
4. teman-teman
saya terutama kelas 4EA17 Universitas Gunadarma
Semoga
proposal usaha yang telah selesai ini bermanfaat bagi semua pihak
yang membaca.dan apabila dalam penyusunan proposal usaha ini terdapat
kesalahan saya mohon maaf yang setulus-tulusnya .
Kritik dan
saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan bagi para pembaca.
Wassalamu’alaikum wr.wb
Krisna dwi aristyadi
DAFTAR ISI6
Lembar Judul.................................................................................................................................... i
Lembar Pengesahan........................................................................................................................... ii
Kata Pengantar................................................................................................................................ iii
Daftar Isi.......................................................................................................................................... iv
BAB
I PENDAHULUAN.................................................................................................................. 1
BAB II RANGKUMAN EKSEKUTIF........................................................................................... 2
BAB III ANALISIS INDUSTRI....................................................................................................... 4
BAB IV DISKRIPSI USAHA........................................................................................................... 6
BAB V RENCANA PRODUKSI..................................................................................................... 7
BAB
VI RENCANA PEMASARAN............................................................................................... 8
BAB
VII RENCAN ORGANISASI................................................................................................. 9
BAB
VIII RESIKO.......................................................................................................................... 11
BAB
IX RENCANA PERMODALAN......................................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Nama dan Alamat Perusahaan
Nama
Perusahaan : Ropang Swadaya
Alamat
Perusahaan :
Jl. Bugis No.39 Kebon bawang Jakarta utara
No.Telp : (021_ 4355667
B.
Nama dan Alamat Pemilik
Nama
Pemilik : Krisna dwi aristyadi
Alamat
Pemilik : Jl.
Swasembada timur 16 N0. 101A Kebon bawang Jakarta
No.Telp : (021) 4376546
C.
Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama
Pemilik
: Krisna dwi atistyadi
Alamat
Pemilik : Jl. Swasembada
timur 16 N0. 101A Kebon bawang Jakarta
No.Telp : (021) 4376546
D.
Informasi
Tentang Bisnis
Jakarta Utara, terutama di daerah Tg. Priok ini adalah salah
satu daerah yang berpotensi untuk membuka usaha khususnya tempat nongkrong
untuk anak muda. sebagian besar masyarakat di daerah Tg. Priuk ialah anak –
anak muda. Maka dari itu saya membuat took yang menitikberatkan kepada
kenyamanan anak – anak muda mengobrol lama. Mengapa harus roti panggang ,
karena biasanya anak – anak muda jika sedang berkumpul dengan temannya tidak
akan memesan makanan berat dan biasanya hanya akan memesan makanan ringan atau
cemilan. Memiliki usaha seperti ini dapat membuka lowongan pekerjaan untuk
orang lain sehingga dapat membantu Negara ini mengurangi angka pengangguran.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
-
VISI
Memberikan tempat berkumpul yang nyaman dan berbeda
dengan tempat lainnya
-
MISI
- Menjadi tempat berkumpul yang paling banyak orang
kunjungi
- Membangun daerah Tg. Priuk agar mengurangi angka
pengangguran
- Memiliki cabang ke depannya
-
TUJUAN
Dengan modal yang terbatas mampu
menjadi sebuah tempat yang banyak diminati oleh masyarakat karna tempat yang
bagus dan harga yang terjangkau
-
SASARAN
Karna akan menjadi tempat berkumpul
yang terfavorit, maka sasaran saya adalah anak – anak muda yang butuh tempat
untuk berkumpul dengan nyaman.
-
Kunci
Keberhasilan Usaha
- Mempunyai etos kerja yang tinngi
- Menerima gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha
- Menerima kritik dan saran dari orang lain
- Tidak mudah putus asa
- Bersemangat dalam memulai usaha
- Disiplin dalam bekerja
- Memberikan pelayanan yang baik dan mengutamakan
pelanggan
- Pandai berkomunikasi terhadap pelanggan/partner
- Yakin bahwa usaha bisa di laksanakan dengan baik
-
Analisis
SWOT
·
Strength(Kekuatan)
- Bertanggung jawab,disiplin kerja,kreatif dan inovatif
- Dapat memennuhi kebutuhan pelanggan
- Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
·
Weaknes(Kelemahan)
- Sarana dan prasarana yang kurang lengkap
- Persaingan pasar dengan toko yang berskala nasional
- berubahnya kondisi perekonomian
·
Oportunity(Peluang)
- Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas roti panggang kami
yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan toko berskala besar
yang akan muncul di kemudian hari.
- Saat ini dengan belum adanya toko dengan bidang usaha
sejenis di tingkat regional kawasan Tg. Ptiok ,membuat kami yakin bahwa
kedepannya toko kami akan maju dan mampu sedikit mengurangi tingkat pengangguran
di daerah Tg. priuk yang semakin banyak ini.yang di sebabkan
perubahan masyarakat yang mulai jenuh dan berubah profesi.
·
Threaty
(Ancaman)
Munculnya café – café baru yang sejenis yang berusaha menyaingi took
kami,dengan peralatan yang .
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
ANALISIS INDUSTRI
A. Perspektif Masa depan
Dengan tetap menjaga mutu dan kualitas, kami yakin bahwa toko
kami kedepannya akan menjadi salah satu toko besar yang terkemuka.melihat
kondisi pasaran genting yang saat ini semakin pesat dengan munculnya industri-industri
yang semakin maju, membuat kami semakin tertantang untuk senantiasa
meningkatkan kualitas dan kuantitas baik itu dalam bekerja maupun produknya.
Apabila kedepannya toko kami sudah mendapat konsumen dengan
jumlah yang banyak, untuk lebih meningkatkan hasil produk dan juga pemasaran, kami
akan membuka cabang lain di daerah lain yang mempunyai perspektif baik itu dari
segi lingkungan maupun kondisi masyarakat sekitar
B. Analisis Persaingan
Persaingan dalam dunia kuliner tak dapat di elakkan. Seorang
wirausahawan akan maju apabila ia mau berusaha untuk bersaing. bekerja keras
agar usaha yang ia geluti menjadi terbaik di antara sekian banyak para
wirausahawan.
Begitu juga kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk
dapat bersaing dengan saingan-saingan kami, yaitu:
- Toko dengan jenis produk yang sama
- Toko dalam satu areal wilayah kerja.
Guna menunjang hasil persaingan yang baik, kami akan lebih
selektif dalam bekerja yang meliputi proses produksi dan pemasaran. Dengan
keselektifan tersebut, kami yakin toko lain akan menganggap toko kami sebagai
saingan terberat.
C. Segmentasi Pasar yang akan Dimasuki
Segmentasi pasar sangat berpengaruh terhadap kemajuan
ekonomi industri maka dari itu harus di pertimbangkan dan di pikirkan dengan
cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan dari
pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan dapat
mengurangi penghasilan toko, dan mengakibatkan banyak dampak negative bagi
perkembangan toko tersebut. Maka dari itu kami memilih lokasi yang
kami gunakan untuk pemasaran produk kami adalah di mulai dari daerah padat
penduduk. Hal utama yang kami perhatikan dan lebih kami utamakan yaitu
permintaan terhadap produk buatan toko kami,kondisi persaingan dalam pemasaran,
reaksi para pesaing dan biaya promosi atau iklan.Selain hal tersebut di atas, dalam
menentukan biaya dan laba yang diharapkan, toko kami mengutamakan kondisi dan
orientasi pasar yang setiap waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan.
BAB IV
DISKRIPSI USAHA
A. Produk
yang Dihasilkan
Produk yang kami hasilkan ini berupa Roti panggang yang
terbuat dari Tepung terigu yang telah kami olah dengan memenuhi prosedur yang
ditetapkan bersama guna menjaga kualitas yang bagus dan di gemari
konsumen. sehingga konsumen puas dengan produk Ropang kami, karena konsumen
sangat berpengaruh bagi perkembangan perusahaan kami, apabila kepuasan konsumen
kurang maka itu akan berdampak negative bagi penghasilan dan perkembangan toko.
B. Jasa Pelayanan
Kami sangat mengerti kebutuhan para konsumen,maka dari itu
dalam sector toko ROPANG SWADAYA yang kami dirikan kami tidak hanya menyediakan
Roti panggang tetapi kami menyediakan beberapa hidangan lain. sehingga
memudahkan bagi para konsumen untuk memilih hidangan apapun yang mereka
inginkan.
C. Ruang
lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha ropang ini kami rancang dengan
sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya toko
kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk
konsumen
Toko ROPANG SWADAYA, kami terletak di swadaya, Kecamatan Tg.
Priok, Jakarta utara. Lokasi toko tersebut sudah memenuhi persyaratan
berdirinya sebuah toko, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman
penduduk dan akses transportasi menuju lokasi toko mudah.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A. Proses
Produksi
Proses produksi yang kami rencanakan dan kami jalankan dalam
toko roping swadaya ini adalah sebagai berikut:
·
Persyaratan lokasi
- Lokasi yang tidak terlalu jauh dari perumahan penduduk.
- Lokasi mudah terjangkau dari pusat-pusat pemasaran.
- Lokasi terpilih bersifat menetap, artinya tidak mudah
terganggu oleh keperluan-keperluan lain selain untuk toko ropang.
·
Pedoman teknis budidaya
Bahan-bahan utama
1.
Roti
2.
Selai
3.
Keju
4.
Meises seres
B. Sumber
– sumber Bahan Baku
Bahan baku yang berupa roti kami dapatkan dari supplier yang
sudah teruji dan terbukti kualitasnya. daerah lain yang mempunyai sumber daya
yang lebih dapat kami gunakan untuk menambah bahan baku yang kami perlukan. dengan
membeli dari para Supplier untuk roti dengan ukuran tertentu dan dengan harga
yang tertentu pula. yang tidak merugikan berbagai pihak, baik dari
penjual roti maupun dari pembeli seperti toko kami.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
Pemasaran adalah usaha untuk mencari, menemukan dan
mempertahankan konsumen. Strategi pemasaran yang utama adalah mencari kepuasan
konsumen. Dalam sebuah kuliner, bagian penjualan dan pemasaran harus seimbang,
karena apabila pemasaran tidak berjalan dengan baik akan terjadi penurunan
penjualan. Hal ini dapat menyebabkan kerugian, mengingat produk ropang mudah
basi. Oleh karena itu, kami harus bisa memasarkan hasil produk dan mencari
pelanggan.
A. Penetapan
Harga
Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami
tetapkan bahwa harga roti panggang adalah Rp.4000,00 (diluar topping) agar
kami menghasilkan laba sesuai dengan yang kami inginkan.
B. Pelaksanaan
Distribusi
Toko kami tidak memerlukan pendistribusian khusus karena
kebanyakan dari para konsumen biasanya datang langsung ke tempat kami sehingga
kami tidak banyak mengeluarkan tenaga dan biaya untuk pendistribusian. akan tetapi
apabila konsumen menginginkan pengiriman produk dengan jasa pendistribusian
juga, maka kami siap menyediakan jasa pendistribusian juga.
C. Promosi
yang akan Dilakukan
Untuk promosi usaha, kami tidak mengunakan media cetak
maupun media elektronik. Namun kepuasan konsumen akan secara tidak langsung
membantu dalam memperkenalkan produk kami kepada para konsumen lainnya.
Sehingga secara tidak langsung konsumen kami akan terus bertambah dari waktu ke
waktu.
D. Pengembangan
Produk
Untuk perencanaan pengembangan hasil produk dalam roping
ini, kami telah menyusun berbagai cara jitu yang nantinya akan membuat toko
ropang ini berkembang dengan pesat, berkualitas tinggi dan di gemari para
konsumen.
BAB VII
RENCANA ORGANISASI
A. Informasi
tentang Partner
Dalam sebuah usaha tentunya tidak dapat berjalan lancar
tanpa partner, karena partner adalah salah satu dari pengembangan
pendistribusian dalam usaha tersebut. maka dari itu dalam toko ropang
ini kami mencari partner yang kami anggap cocok, bisa di percaya untuk
pengembangan usaha kami dan tentunya menguntungkan. Partner yang biasa kami
pilih yaitu toko – toko roti yang menyediakan Roti yang kita butuhkan. Dalam hal
ini kami baru mempunyai beberapa partner saja maka dari itu kami terus berusaha
mencari partner yang sebanyak-banyaknya demi kelancaran pendistribusian ternak
kami.
B. Uraian
tentang Kekuasaan
Masing-masing bagian telah memiliki kekuasaan dan tanggung
jawab terhadap jadwal kegiatan yang telah di tentukan perusahaan, sehingga
tidak akan terjadi bentrokkan atau kekacauan dari bagian yang satu dengan
bagian yang lainnya.
C. Latar
belakang Anggota Tim Manajemen
Tenaga kerja adalah suatu komponen pada unit usaha tertentu
yang merupakan penggerak dari seluruh unit kegiatan karyawan di toko kami
datang dari latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, kebanyakan dari
karyawan kami tidak memiliki lulusan pendidikan, hanya yang memiliki lulusan
pendidikan bekerja di bagian pencatatan itupun paling tinggi lulusan SMA/SMK. Sebagian
besar karyawan berasal dari wilayah sekitar pedesaan. Disiplin, tanggung jawab
dan kerja sama sangat dianjurkan pada semua karyawan demi terciptanya etos
kerja yang tinggi.
Anggota atau karyawan dari toko roping swadaya ini jelas
diketahui apa kelebihan dan kekurangan masing – masing, sehingga kecil
kemungkinan terjadi ketidak profesionalan atau kesalahan kerja. Sebagai manager
tentunya memiliki keahlian yang memadai guna kelancaran dan kemajuan bisnis
suatu perusahaan.
D. Peranan
dan Tanggungjawab personalia
Masing-masing
personalia memiliki tanggungjawab sendiri, yaitu sebagai berikut:
- Manager berperan dalam memimpin dan mengatur para
karyawan dalam perusahaan untuk memajukan usaha. manager juga bertanggung
jawab atas maju mundurnya perusahaan.
- Karyawan bertugas melaksanakan perintah pimpinan atau
atasan sekaligus memberi masukan tentang bagaimana cara yang lebih
baik untuk memajukan perusahaan.
BAB VIII
RESIKO
A. Evaluasi
tentang Kelemahan
Dalam sebuah usaha tentunya tidak selalu terjadi kesuksesan,
tetapi ada juga suatu kegagalan. kegagalan-kegagalan tersebut merupakan sebuah
kelemahan dalam perkembangan perusahaan, maka dari itu pihak perusahaan harus
bisa mengevaluasi dari kelemahan-kelemahan tersebut, dan harus menganalisisnya
untuk menemukan cara yang terbaik untuk mengatasi kelemahan itu.
Salah satu kendala/kelemahan yang terjadi dalam perusahaan
kami yaitu kurangnya modal yang membuat perkembangan perusahaan kami sedikit
tidak berjalan dengan lancar, selain itu persaingan antar toko kuliner dan
pendistribusian di sekitar wilayah itu juga mempengaruhi.
BAB IX
RENCANA PERMODALAN
A.Neraca
Permulaan Perusahaan
ASPEK KEUANGAN / PERMODALAN
SINAR CEMERLANG
1.
Sumber Modal
a.
Modal
sendiri
Rp. 25.000.000,00
b.
Modal Kredit Bank Rp.
10.000.000,00 +
Rp.
35.000.000,00
2.
Modal atau investasi
a.
Bangunan Seluas 18 m2 Rp. 10.000.000,00
b.
Mesin Pemanggang Rp. 5.000.000,00
c.
Tempat hidangan Rp. 1.000.000,00
d.
Meja dan kursi
Rp. 3.000.000,00 +
Rp. 18.000.000,00
Modal
kerja setiap periode perputaran untuk 1 bulan
- Roti tawar Rp. 1.200.000,00
- Gas Rp. 600.000,00
- Selai Rp. 400.000,00
- Sewa Bangunan Rp. 1.200.000,00
- Gaji 2 karyawan Rp. 1.200.000,00
- Biaya makan 2
karyawan
Rp. 600.000,00
+
Rp. 5.200.000,00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar